Cara Merubah Sifat Anak Bandel Menjadi Penurut

Merubah sifat anak bandel jadi penurut

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Bunda biasanya akan sangat kesal dengan tingkah laku anak yang bandel atau nakal, dan tidak jarang pula anak terkena omelan bunda karna anak sering berulah atau nakal.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat anak bandel atau nakal, salah satunya kurangnya perhatian bunda terhadap anak Sehingga anak berubah menjadi nakal karna anak ingin di perhatikan oleh bunda.

Kali ini anak-sholeh-id.blogspot.com akan memberikan tips atau cara bagaimana cara merubah sifat anak bandel menjadi penurut.

1. MEMBERIKAN PUJIAN
Memberikan pujian kepada anak ketika anak melakukan perbuatan baik. Karna dengan memberikan pujian pada anak ketika melakuan perbuatan baik adalah hal yang sangat sepele tapi berdampak pengaruh besar terhadap anak, anak akan sangat senang dan akan mencari hal baik lainya supaya dapat pujian lagi dari orang tuanya dan anak akan merasa selalu di perhatikan.

2. MEMBERIKAN PELUKAN
Ketika anak melakukan kesalahan, bunda segera peluk anak bunda dan memberi nasehat yang baik dengan kata-kata yang baik disertai senyuman, dan katakan pada anak bahwa yang ia lakuan itu salah. Jangan memarahi anak dengan perkataan yang kasar apa lagi sampai memukul anak, karna dengan memarahi anak dengan kata-kata kasar atau sampai memukulnya anak akan merasa bunda tidak menyayanginya dan itu akan mengganggu mental anak kedepannya.

3. MEMBERIKAN CONTOH YANG BAIK
Ada sebuah pepatah, "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya" benar sekali, jika bunda tidak memberikan contoh yang baik pada anak hal apapun yang bunda terapkan pada anak akan sangat sia-sia saja. Kenapa, karana sebagian besar anak akan meniru apa saja yang di perbuat orang tuanya, jadi berikan contoh yang baik agar anak meniru hal yang baik pula dan itu hsrus benar-benar konsisten.

4. MENERAPKAN ATURAN
Menerapkan aturan adalah hal yang sangat di perlukan. Karna, dengan penerapan aturan bisa memberikan hal yang sangat positif untuk merubah sifat anak bandel atau nakal supaya menjadi lebih baik. Jika anak melakukan kesalahan berikan hukuman dengan sangat tegas, tapi hukuman tersenut masih dalam konteks yang wajar, tidak memarahinya dengan perkataan kasar dan teriakan apalagi dengan pukuluan.
Contoh kecil hukuman yang baik tidak memberikan uang saku atau mengurangi uang saku sehingga anak tidak mau mengulangi kesalahannya.

5. MENJADI PENEGAH
Terkadang banyak sekali ketika anak melakuan kesalahan lantas kedua orangtuanya pun memarahi anak tersebut, sebenarnya jika anak melakukan kesalahan jangan kedua orangtuanya memarahinya, jika bunda memarahi anaknya lantas ayah harus jadi penengan dan menghampiri anaknya peluk anaknya dan berikan nasihat, sebaliknya lakukan hal yang sama jika ayah yang marah bunda yang harus menghampiri anaknya dan berikan pelukan dan berikan nasihat yang baik. Jika keduanya marah bersamaan kepada anaknya di khawatirkan mental anak akan terganggu. Jadi jadilah salah satu jadi penengahnya agar anak merasa tidak terpojokan dan anak akan berpikir bahwa yang ia lakukan itu salah.

Dengan menerapkan 5 cara atau tips di atas insyaallah dengan berjalannya waktu anak akan menjadi sangat penurut dan akan meninggalkan kebiasaan bandel atau nakalnya.

Semoga bermanfaat dan jagalah buah hati bunda dengan penuh rasa kasih sayang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...