10 Ciri Tanda Kiamat Besar yang Harus Kamu Ketahui

10 ciri tanda kiamat besar
10 ciri tanda kiamat besar
Kiamat besar disebut juga kiamat kubra, kiamat besar pasti akan terjadi karna itu sudah menjadi ketetapan allah SWT. Mengimani akan adanya hari kiamat terdapat pada rukun iman yang ke lima, kiamat besar atau kiamat kubra adalah dimana proses hancurnya alam semesta.
Kapan terjadinya kiamat besar atau kiamat kubra tidak ada seorang pun yang mengetahuinya, bahkan kekasih allah SWT  baginda nabi muhammad ﷺ tidak mengetahuinya kapan kiamat besar terjadi, hanya allah SWT sajalah yang mengetahuinya.

Akan tetapi, sebelum kiamat besar terjadi ada 10 tanda kiamat besar terlebih dahulu di antaranya :

1. Ad dukhan 
Ad dukhan adalah tanda besar kiamat pertama, ad dukhan ialah kabut tebal lagi panas yang akan menyelimuti permukaan bumi. Saking tebalnya bahkan seseorang tidak akan bisa melihat ujung jarinya walau pun di dekatkan kehadapan wajahnya, bahkan saking dahsatnya dukhan ini dajjalpun sampai ketakutan.

Tanda kemunculan ad dukhan :
Menurut hadis nabi, tidak akan muncul ad dukhan sebelum 3 tanda.
  • Banyaknya bermunculan penyanyi-penyanyi wanita
  • Musik dan alat musik sudah sangat di senangi
  • Banyak orang meminum khamr atau minuman memabukan

Adapun tanda lain sebelum sebelum terjadinya ad dukhan ialah, akan muncul bintang berekor mengelilingi bumi, lamanya 3 sampai dengan 7 hari. Adapun hadis dhoif mengatakan dukhan akan terjadi di pertengan bulan ramadhan tepat di hari jumat.

2. Kemunculan dajjal
Kemunculan mahluk paling laknat ini menjadi ujian paling besar bagi umat muslim di duina, karna fitnah dajjal sangatlah berbahaya, tidak ada seorang nabi pun akan mengingatkan kepada umatnya akan bahayanya fitnah dajjal. Saat kemunculan dajjal semua jin dan setan satu mukabumi akan berhikmat kepadanya.

Tanda kemunculan dajjal :
  • Mengeringnya danau tiberias
  • Pohon kurma di baisan tidak lagi berbuah
  • Mata air jughar sudah tidak mengeluarkan air lagi

Kenapa fitnah dajjal itu paling besar, karna sejak nabi adam di ciptakan sampai hari ini jika di adukan dengan fitnah dajjal tersendiri, maka fitnah dajjal jauh lebih berat, itu sebabnya baginda nabi muhammad ﷺ  melarang umatnya untuk menemui dajjal secara langsung. Karna di akhir jaman akan ada seorang pemuda yang merasa imannya sangat kuat kepada allah SWT dan pemuda itu menemui dajjal maka iman pemuda tersebut akan menguap dari dadanya dan pada akhirnya pemuda tersebut menyembah dajjal. Barang siapa yang sudah beriman kepada dajjal maka ia akan kafir sampai ia mati.

Kemumculan dajjal hanya 40 hari saja dimana di hari pertama seperti 1thn dan di hari berikutnya seperti 1bulan dan di hari berukutnya seperti satu minggu dan di hari berikutnya seperti hari-hari biasa.

3. Kemunculan nabi isa As
Kemumculan nabi isa As adalah tanda kiamat ke tiga yang bertugas membunuh dajjal, dan setelah membunuh dajjal tugas nabi isa As ialah menghancurkan salib yang ada di muka bumi dan membunuh babi-babi dimuka bumi dan membawa islam kembali ke dalam satu golongan, golongan ahli sunnah waljamaah.

Lamanya nabi isa As di muka bumi, para ulama berpendapat hanya 7 thn saja lamanya nabi isa As memimpin, itulah dimana si sebut dengan masa ke emasan karna di jaman tersebut ke kahifahan meminpin dunia dan tidak ada penjahat, bahkan dikabarkan seorang wanita berjalan kaki seorangdiri berangkat haji pulangnyapun dengan ke adaan selamat. Bahkan di zaman tersebut hewan-hewan buas pun menjadi baik bahkan ada seorang anak bermain-main dengan seekor ular berbisa pun tidak apa-apa karan allah SWT telah mencabut bisa ular tersebut.

4. Munculnya yakjuj dan makjuj
Kemunculan yakjuj dan makjuj adalah tanda kiamat besar ke empat, kemunculan kaum yakjuj dan makjuk tidak ada seorang pun yang bisa melawannya, bahkan allah SWT memerintahkan nabi isa As untuk pergi kegunung tursina beserta orang-orang mukmin untuk bersembunyi dan lari dari yakjuj dan makjuj.

Kaum yakjuj dan makjuj ini tugasnya hanya membunuh setiap manusia yang ditemuinya dan merusak. Yakjuj dan makjuj akan melewatu setiap daratan di muka bumi ini, bahkan baginda nabi muhammad ﷺ  pun berkata, tidak ada daratan satupun yang tidak akan ada di lewatinya pasti di dalamnya akan ada yakjuj dan makjuj.

Kematian yakjuj makjuj pun saat nabi isa As berdoa kepada allah SWT untuk membinasahkanya maka serentak yakjuj makjuj pun mati serentak oleh kuman dan bakteri ganas yang allah SWT kirimkan karna doa nabi isa As.

5. Terbitnya matahari di sebelah barat
Ke munculan atau terbitnya matahari di sebelah barat adalah sebuah tanda dimana allah SWT menutup pintu taubat bagi setiap manusia.
Pada saat kemunculan matahari di sebelah barat orang-orang pun menjerit dan banyak yang ingin bertaubat namun sia-sia karna allah SWT sudah menutup pintu taubat bagi manusia.

Kejadian muncul atau terbitnya matahari di sebelah barat hanya sampai pertengan hari saja dan selanjutnya mata hari akan kembali terbenam di sebelah barat, dan setelah kejadian tersebut matahari akan seperti biasa terbit di sebelah timur.

6. Kemunculan binatang besar dabbatul ardhi
Kemunculan binatang besar dabbatul ardhi ia membawa cincin nabi sulaiman As dan tongkan nabi musa As, dimana kedatangannya tersebut akan memberikan sebuah tanda kepada orang beriman dan orang kafir.

dimana ketika orang beriman yang di hampirinya maka ia akan di usap kepalanya menggunakan cincin nabi sulaiman As dan bercahayalah wajah orang beriman tersebut, akantetapi ketika dabbatul ardhi menghampiri orang kafir maka akan di pukulkan tongkat nabi musa As ke kepala orang kafir dan seketika wajahnya akan menghitam.

Setelah tugas binatang besar dabbatul ardhi selesai maka ia akan kembali ke kedalam perut bumi.

7. Angin lembut kematian berbau kasturi
Tanda kiamat ke tujuh bisa di sebut hari berakhirnya umat muslim di bumi ini. Kenapa, karna angin lembut ini akan menyebar ke seleruh penjuru bumi dan akan mematikan setiap orang muslim walaupun imannya kepada allah SWT sebesar biji sawi angin ini akan sampai kepada orang tersebut walaupun orang tersebut ada di pulau, di laut, di goa dimana saja angin ini akan sampai kepadanya dan mematikanya, maka para ulama berpendapat itu menjadi hari terakhirnya umat muslim di bumi ini dan sisanya yang akan hidup hanya orang kafir saja yang dimana di dalam dadanya tidak ada iman sedikitpun walaupun sebesar biji sawi.
(orang yang beriman tidak akan menyakaikan tanda kiamat ke delapan, sembilan dan sepuluh).

Baginda nabi muhammad ﷺ  berkata, seburuk-buruknya manusia ia akan menyaksikan tanda kiaman ke delapan, sembilan dan sepulih.

8. Penenggelaman daratan di sebelah timur
Tanda kiamat besar ke delapan ialah tenggelamnya seluruh darata yang ada di sebelah rimur.

9. Penengelaman daratan di sebelah barat
Tanda kiamat besar ke sembilan ialah penemgelaman daratatan di sebelah barat, dan setelah daratan timur dan barat allah SWT tenggelamkan maka yang tersisa hanya sedikit darata di bumi syam.

10. Munculnya api raksasa di syam
Ke sepuluh tanda kiamat terakhir munculnya api besar dari dalam tanah sebesar-besar bukit yang menggiring manusia ke satu tempat lalu malaikat israfil meniup sangkakala yang membuat langit dan bumi menjadi lemah, gunung-gunung berterbangan bagaikan kapas yang ditiup, manusia kocar kacir kesana kemari bagaikan anai-anai tidak karu-karuan.

Tiupan sangkakala yang di tiup malaikat israfil sungguh sangat keras, bahkan anak-anak yang mendengarkan tiupanyapun langsung beruban, ibu yang sedang menyusui bayinyapun langsung mencampakan bayinya lari kesankemari seperti orang yang sedang mabuk, pada hakitanya mereka tidaklah sedang mabuk.

Demikian lah 10 ciri tanda kiamat besar. Perbanyaklah amal soleh sebelum kiamat sesungguhnya menghampiri mu, kara kematian seseorang itu adalah seperti kiamat bagi dirinya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...